STRATEGI HARGA DAN PSIKOLOGI KONSUMEN
A.
Tentang
Harga Jual.
§ Metode untuk memastikan bahwa margin keuntungan tercapai adalah
dengan memasukkan persentase target laba kotor ke dalam harga jual.
§ Misalnya, jika biaya makanan untuk sebuah hidangan berjumlah 30.000
dan target laba kotor ditetapkan sebesar 70%, persentase biaya makanan dari
harga jual hanya dapat mewakili 30%.
§ Penting untuk diperhatikan bahwa harga jual adalah jumlah total
uang yang akan diterima sehingga harus mewakili 100% untuk keperluan
perhitungan ini. Pada istilah dasarnya, biaya makanan + laba kotor = harga
jual.
B.
Pentingnya
Penetapan Strategi Harga.
Strategi penetapan
harga penting karena ia menentukan nilai yang layak dibuat produk Anda dan
untuk digunakan pelanggan Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk memaksimalkan
margin keuntungan, ditambah menciptakan keunggulan kompetitif dengan menetapkan
harga yang membantu mempertahankan pangsa pasar.
C.
Metode
dan Cara Menentukan Harga Jual dalam Banyak Bisnis.
1)
Harga
Eceran.
§
Banyak
pengecer membandingkan keputusan penetapan harga mereka menggunakan penetapan
harga keystone (dijelaskan di poin ke dua), yang pada dasarnya menggandakan
biaya suatu produk untuk menetapkan margin keuntungan yang sehat. Namun, dalam
banyak kasus, Anda ingin memberi markup produk Anda lebih tinggi atau lebih
rendah dari itu, bergantung pada sejumlah faktor.
§
Berikut
rumus mudah untuk membantu Anda menghitung harga eceran:
Harga
eceran = [biaya item ÷ (100 – persentase markup)] x 100
2)
Penetapan
harga Keystone.
§
Penetapan
harga Keystone adalah strategi penetapan harga yang digunakan pengecer sebagai
aturan praktis. Pada dasarnya, ini adalah saat pengecer menentukan harga eceran
hanya dengan menggandakan biaya grosir yang mereka bayarkan untuk suatu produk.
§
Penetapan
harga keystone terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü
Kelebihan:
Strategi penetapan harga keystone berfungsi sebagai aturan praktis yang cepat
dan mudah yang memastikan margin keuntungan yang besar.
ü
Kekurangan:
Bergantung pada ketersediaan dan permintaan untuk produk tertentu, mungkin
tidak masuk akal bagi pengecer untuk memberi harga markup dengan nilai yang
sangat tinggi.
3)
Harga
eceran tertinggi yang dianjurkan oleh produsen.
§
Harga
ecereran tertinggi yang dianjurkan oleh produsen adalah harga yang
direkomendasikan pabrikan untuk digunakan pengecer saat menjual produk.
Produsen pertama kali mulai menggunakan HET untuk membantu menstandarisasi
harga produk yang berbeda di berbagai lokasi dan pengecer.
§
Pengecer
sering menggunakan HET dengan produk yang sangat terstandarisasi (mis.,
Elektronik konsumen dan peralatan).
§
Dalam
Harga eceran tertinggi yang dianjurkan oleh produsen.terdapat kelebihan dan
kekurangan :
ü
Kelebihan:
Sebagai pengecer, Anda dapat menghemat waktu hanya dengan menggunakan HET saat
menentukan harga produk Anda.
ü
Kekurangan:
Pengecer yang menggunakan HET tidak dapat bersaing dalam hal harga. Dengan HET,
sebagian besar pengecer di industri tertentu akan menjual produk tersebut
dengan harga yang sama. Anda perlu mempertimbangkan margin keuntungan dan biaya
Anda. Misalnya, bisnis Anda mungkin memiliki biaya tambahan yang tidak
diperhitungkan oleh produsen, seperti pengiriman internasional.
4)
Harga
ganda.
§
Dengan
strategi harga ganda, pengecer menjual lebih dari satu produk dengan satu
harga, sebuah taktik yang dikenal sebagai harga bundel produk.
§
Dalam
harga ganda terdapat kekurangan dan kelebihan :
ü
Kelebihan:
Pengecer menggunakan strategi ini untuk menciptakan nilai yang dipersepsikan
lebih tinggi dengan biaya lebih rendah, yang pada akhirnya dapat mendorong
pembelian volume yang lebih besar. Manfaat lainnya adalah Anda dapat menjual
barang secara terpisah untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Misalnya,
jika Anda menjual sampo dan kondisioner bersama-sama seharga 10.000, Anda dapat
menjualnya secara terpisah masing-masing seharga 7.000 hingga 8.000, dan itu
adalah kemenangan bagi bisnis Anda.
ü
Kekurangan:
Harga bundling mengurangi keuntungan. Jika paket itu sendiri tidak meningkatkan
volume penjualan, Anda mungkin akan kekurangan keuntungan.
5)
Penetrasi
harga dan harga diskon.
§
Dalam
Penetrasi harga dan harga diskon terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü Kelebihan: Strategi penetapan harga diskon efektif untuk menarik
jumlah pengunjung yang lebih banyak ke toko Anda dan menyingkirkan inventaris
yang sudah tidak sesuai musim atau lama.
ü Kekurangan: Jika digunakan terlalu sering, ini bisa memberi Anda
reputasi sebagai pengecer murah dan dapat menghalangi konsumen untuk membeli
produk Anda dengan harga reguler. Hal tersebut juga menimbulkan dampak
psikologis yang negatif terhadap persepsi konsumen terhadap kualitas.
6)
Loss-leading
pricing.
§
Dalam
Loss-leading pricing terdapat kelebihan
dan kekurangan :
ü
Kelebihan:
Taktik ini bisa menghasilkan keajaiban bagi pengecer. Mendorong pembeli untuk
membeli banyak item dalam satu transaksi tidak hanya meningkatkan penjualan
keseluruhan per pelanggan, tetapi juga dapat menutupi kerugian keuntungan dari
pemotongan harga produk asli.
ü
Kekurangan:
Serupa dengan efek penggunaan harga diskon yang terlalu sering, ketika Anda
terlalu sering menggunakan harga yang menyebabkan kerugian, pelanggan
mengharapkan penawaran dan akan ragu-ragu untuk membayar harga eceran penuh.
Anda juga dapat mengkanibal pendapatan jika Anda mendiskon sesuatu yang tidak
meningkatkan ukuran keranjang atau ukuran pesanan rata-rata.
7)
Penetapan
harga psikologis.
§
Dalam
Penetapan harga psikologis terdapat
kelebihan dan kekurangan :
ü
Kelebihan:
Penetapan harga psikologis memungkinkan pengecer memicu pembelian impulsif.
Mengakhiri harga dengan jumlah ganjil memberi pembeli persepsi bahwa mereka
mendapatkan kesepakatan — dan itu mungkin sulit ditolak.
ü
Kekurangan:
Kadang-kadang, harga psikologis dapat terlihat menarik perhatian pedagang yang
menurunkan kepercayaan, sementara harga satu dolar yang sederhana terlihat
bersih dan transparan.
8)
Penetapan
harga yang kompetitif.
§ Strategi penetapan harga kompetitif mengacu pada penggunaan data
harga pesaing sebagai tolok ukur dan secara sadar memberi harga produk Anda di
bawah harga mereka.
§ Taktik ini biasanya didorong oleh nilai produk. Misalnya, dalam
industri dengan produk yang sangat mirip di mana harga adalah satu-satunya
pembeda dan Anda mengandalkan harga untuk memenangkan pelanggan.
§
Dalam
Penetapan harga yang kompetitif terdapat
kelebihan dan kekurangan :
ü Kelebihan: Strategi ini bisa efektif jika Anda dapat menegosiasikan
biaya yang lebih rendah per unit dari pemasok Anda, sambil memotong biaya dan
secara aktif mempromosikan harga khusus Anda.
ü Kekurangan: Strategi ini mungkin sulit dipertahankan jika Anda adalah
pengecer yang lebih kecil. Harga yang lebih rendah berarti margin keuntungan
yang lebih rendah, sehingga Anda harus menjual volume yang lebih tinggi
daripada pesaing. Dan, bergantung pada produk yang Anda jual, pelanggan mungkin
tidak selalu meraih barang dengan harga terendah di rak.
9)
Harga
premium
§
Dalam
Penetapan harga premium terdapat
kelebihan dan kekurangan :
ü
Kelebihan:
Strategi penetapan harga ini dapat memberikan efek halo pada bisnis dan produk
Anda: konsumen menganggap bahwa produk Anda memiliki kualitas yang lebih baik
dan lebih premium dibandingkan dengan pesaing Anda karena harga yang lebih
tinggi.
ü
Kekurangan:
Strategi penetapan harga ini mungkin sulit diterapkan, bergantung pada lokasi
fisik toko Anda dan target pelanggan. Jika pelanggan sensitif terhadap harga
dan memiliki beberapa opsi lain untuk membeli produk serupa, strategi tersebut
tidak akan efektif. Inilah mengapa sangat penting untuk memahami pelanggan
target Anda dan melakukan riset pasar.
10) Anchor pricing.
§
Penetapan
Anchor pricing adalah cara menentukan harga jual produk lain yang digunakan
pengecer untuk membuat perbandingan yang menguntungkan.
§
Dalam
Penetapan Anchor pricing.terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü Kelebihan: Jika Anda mencantumkan harga asli Anda jauh lebih tinggi
daripada harga jual, hal itu dapat memengaruhi pelanggan untuk melakukan
pembelian berdasarkan kesepakatan yang dirasakan.
ü Kekurangan: Jika harga jangkar Anda tidak realistis, hal itu dapat
menyebabkan rusaknya kepercayaan pada merek Anda. Pelanggan dapat dengan mudah
memeriksa harga produk secara online terhadap pesaing Anda dengan mesin
pembanding harga — jadi pastikan harga yang Anda cantumkan masuk akal.
11) Price skimming
§ Skimming berguna dalam konteks berikut:
a)
Ada
cukup banyak calon pembeli yang akan membeli produk baru dengan harga tinggi
b)
Harga
tinggi tidak menarik pesaing
c)
Menurunkan
harga hanya berdampak kecil pada profitabilitas dan mengurangi biaya unit
d)
Harga
tinggi dipandang eksklusif dan berkualitas tinggi
§ Dalam Price skimming .terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü Kelebihan: Price skimming dapat menghasilkan keuntungan jangka
pendek yang tinggi saat meluncurkan produk baru yang inovatif. Jika Anda memiliki
brand image yang bergengsi, skimming juga membantu mempertahankannya dan
menarik pelanggan setia yang ingin menjadi yang pertama mendapatkan akses /
memiliki pengalaman eksklusif.
ü Kekurangan: Price skimming bukanlah strategi terbaik di pasar yang
ramai kecuali Anda memiliki beberapa fitur yang benar-benar luar biasa yang
tidak dapat ditiru oleh merek lain. Ini juga menarik persaingan dan dapat
mengganggu pengguna awal jika Anda memangkas harga terlalu cepat atau terlalu
banyak setelah peluncuran.
12) Cost-plus pricing
§ Penetapan harga cost-plus, juga dikenal sebagai strategi harga mark-up,
adalah cara termudah untuk menentukan harga suatu produk atau layanan. Anda
membuat produk, menambahkan persentase tetap di atas biaya, dan menjualnya
dengan harga akhir.
§ Seperti inilah rumusnya:
Harga
jual = Biaya + (mark up)
§ Dalam Cost-plus pricin.terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü Kelebihan: Keuntungan dari harga cost-plus adalah tidak banyak yang
perlu dipikirkan. Anda sudah melacak biaya produksi dan biaya tenaga kerja.
Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan persentase di atasnya untuk
menentukan harga jual. Ini dapat memberikan pengembalian yang konsisten jika
semua biaya Anda tetap sama.
ü Kekurangan: Penetapan harga cost-plus tidak memperhitungkan kondisi
pasar seperti harga pesaing atau nilai pelanggan yang dirasakan.
13) Penetapan harga ekonomis.
§ Strategi penetapan harga ekonomi adalah di mana Anda memberi harga
rendah pada produk dan mendapatkan pendapatan berdasarkan volume penjualan.
§ Biasanya digunakan untuk barang komoditas, seperti bahan makanan
atau obat-obatan, yang perusahaannya tidak memiliki merek besar untuk mendukung
pemasarannya
§ Rumus Menyiapkan harga ekonomi mirip dengan menyiapkan harga plus
biaya:
Biaya
produksi x margin keuntungan = harga
§ Dalampenetapan harga ekonomis terdapat kelebihan dan kekurangan :
ü
Kelebihan:
Penetapan harga ekonomis mudah diterapkan, dapat menjaga biaya akuisisi pelanggan
tetap rendah, dan baik untuk pelanggan dengan sensitivitas harga.
ü
Kekurangan:
Margin biasanya lebih rendah, Anda membutuhkan aliran pelanggan baru yang
stabil setiap saat, dan konsumen mungkin tidak menganggap produk tersebut
berkualitas tinggi.
Komentar
Posting Komentar