JENIS SALURAN PEMASARAN

1.      Pengertian Saluran Distribusi

   Distribution channel atau saluran distribusi adalah suatu pembagian, penyaluran, ataupun pengiriman barang pada beberapa pihak ataupun beberapa tempat tertentu. Selain itu, distribution channel adalah objek yang berbentuk barang.

   Tujuannya adalah untuk membantu pihak produsen dalam mengirim barang kepada konsumen akhir.

 

2.      Fungsi Saluran Distribusi.

·         Informasi

·         Negosiasi

·         Pembayaran

·         Pemesanan

·         Physical Possession

·         Promosi

·         Risk Taking

·         Title

·         Keuangan

 

3.      Tahapan Saluran Distribusi.

·         Produsen

         Produsen adalah pemilik produk yang melakukan penjualan produk ke pihak distributor, sehingga pemilik pun akan memiliki tanggung jawab dalam hal menjamin ketersediaan produknya.

·         Distributor

         Pihak ini memiliki kegiatan pembelian produk secara langsung dari produsen, dalam menjual produk kepada pihak grosir atau pengecer.

·         Sub-Distributor

         Sub distributor adalah pihak yang membeli produk dari distributor utama. Umumnya, pengeluaran pada produk seperti sub distributor ini sudah ditentukan oleh distributor utama.

·         Grosir

         Mereka adalah pengusaha yang melakukan kegiatan perdagangan dengan cara membeli produk dari pihak distributor lalu dijual kembali pada pengecer ataupun pedagang besar

·         Pedagang Eceran

         Pedagang eceran akan melakukan aktivitas jual beli secara langsung pada konsumen tingkat akhir yang mana umumnya pedagang tersebut akan melakukan komunikasi secara langsung pada konsumen dan konsumen tidak akan menjual kembali barang tersebut kembali.

·         Konsumen

         Konsumen adalah pembeli tingkat akhir yang menikmati barang ataupun layanan secara langsung dengan tujuan dan juga kebutuhan pribadinya masing-masing.

 

4.      Faktor Penentuan Saluran Distribusi.

·         Pasar

·         Penentuan Barang

·         Penentuan Perusahaan

·         Menentukan Perantara

 

5.      Jenis-Jenis Saluran Distribusi

·         Saluran Distribusi Langsung Produsen Ke Konsumen

        Jenis ini umumnya sering disebut sebagai saluran distribusi langsung, yang mana jalur ini adalah jalur yang paling sederhana dan juga pendek tanpa adanya perantara apapun. Umumnya, jenis ini ini juga akan menjual barang secara langsung ke rumah konsumen.

        Contoh jenis saluran distribusi ini adalah koran, es krim, dan lain-lain.

·         Saluran Distribusi Produsen Ke Pengecer Ke Konsumen

        Untuk jenis yang satu ini, pihak produsen hanya harus melakukan penjualan besar serta melakukan pengiriman pada pihak pedagang ke pengecer, setelahnya konsumen akan memberikan langsung kepada pengecer.

        Contoh dari saluran distribusi ini adalah mie, bakso, dan telor yang menjual produknya langsung kepada pedagang mie ayam bakso.

·         Saluran Distribusi Produsen Ke Pedagang Besar Ke Pengecer Ke Konsumen

        Jenis saluran distribusi ini hampir mirip dengan sebelumnya, namun produsen hanya melakukan penjualan besar pada pihak pedagang besar.

         Contoh sederhananya adalah beras, sayuran, minum, mie instan, dan lain-lain.

·         Saluran Distribusi Produsen Ke Agen Ke Pengecer Ke Konsumen

        Jenis ini adalah pilihan produsen untuk melakukan penjualan produk kepada pihak agen, lalu nantinya pihak agen akan melakukan pembinaan kepada pihak pengecer.

        Contoh dari saluran ini adalah perdagangan barang impor.

·         Saluran Distribusi Produsen Ke Agen Ke Pedagang Besar Ke Pengecer dan Ke Konsumen

        Jenis ini adalah jenis saluran distribusi yang melalui jalur produsen dalam menggunakan agen sebagai pihak perantara penyaluran produk kepada  pedagang besar.

        Setelahnya, barang akan dijual kepada pihak pengecer sehingga konsumen bisa menikmati produk tersebut. Contoh sederhana dari distribution channel ini adalah pembelian mesin keluar negeri dan menjualnya kembali.

 

6.      Cara Memilih Saluran Distribusi

·         Mempertimbangkan Kompetitor Bisnis

·         Periksa Biaya dan Manfaatnya

·         Berilah Peringkat Pada Setiap Pilihan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI & KONSEP PEMASARAN

EKUITAS MEREK DAN PORTOFOLIO MEREK DALAM PERSAINGAN

LOYALITAS KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN