JENIS SALURAN PEMASARAN
1.
Pengertian Saluran Distribusi
Distribution channel
atau saluran distribusi adalah suatu pembagian, penyaluran, ataupun pengiriman
barang pada beberapa pihak ataupun beberapa tempat tertentu. Selain itu, distribution
channel adalah objek yang berbentuk barang.
Tujuannya
adalah untuk membantu pihak produsen dalam mengirim barang kepada konsumen
akhir.
2.
Fungsi Saluran Distribusi.
·
Informasi
·
Negosiasi
·
Pembayaran
·
Pemesanan
·
Physical Possession
·
Promosi
·
Risk Taking
·
Title
·
Keuangan
3.
Tahapan Saluran Distribusi.
·
Produsen
Produsen adalah
pemilik produk yang melakukan penjualan produk ke pihak distributor, sehingga
pemilik pun akan memiliki tanggung jawab dalam hal menjamin ketersediaan
produknya.
·
Distributor
Pihak ini memiliki
kegiatan pembelian produk secara langsung dari produsen, dalam menjual produk
kepada pihak grosir atau pengecer.
·
Sub-Distributor
Sub distributor
adalah pihak yang membeli produk dari distributor utama. Umumnya, pengeluaran
pada produk seperti sub distributor ini sudah ditentukan oleh distributor
utama.
·
Grosir
Mereka adalah
pengusaha yang melakukan kegiatan perdagangan dengan cara membeli produk dari
pihak distributor lalu dijual kembali pada pengecer ataupun pedagang besar
·
Pedagang Eceran
Pedagang eceran akan
melakukan aktivitas jual beli secara langsung pada konsumen tingkat akhir yang
mana umumnya pedagang tersebut akan melakukan komunikasi secara langsung pada
konsumen dan konsumen tidak akan menjual kembali barang tersebut kembali.
·
Konsumen
Konsumen adalah
pembeli tingkat akhir yang menikmati barang ataupun layanan secara langsung
dengan tujuan dan juga kebutuhan pribadinya masing-masing.
4.
Faktor Penentuan Saluran Distribusi.
·
Pasar
·
Penentuan Barang
·
Penentuan Perusahaan
·
Menentukan Perantara
5.
Jenis-Jenis Saluran Distribusi
·
Saluran Distribusi Langsung Produsen
Ke Konsumen
Jenis ini umumnya
sering disebut sebagai saluran distribusi langsung, yang mana jalur ini adalah
jalur yang paling sederhana dan juga pendek tanpa adanya perantara apapun.
Umumnya, jenis ini ini juga akan menjual barang secara langsung ke rumah
konsumen.
Contoh jenis saluran
distribusi ini adalah koran, es krim, dan lain-lain.
·
Saluran Distribusi Produsen Ke
Pengecer Ke Konsumen
Untuk jenis yang satu
ini, pihak produsen hanya harus melakukan penjualan besar serta melakukan
pengiriman pada pihak pedagang ke pengecer, setelahnya konsumen akan memberikan
langsung kepada pengecer.
Contoh dari saluran
distribusi ini adalah mie, bakso, dan telor yang menjual produknya langsung
kepada pedagang mie ayam bakso.
·
Saluran Distribusi Produsen Ke
Pedagang Besar Ke Pengecer Ke Konsumen
Jenis saluran
distribusi ini hampir mirip dengan sebelumnya, namun produsen hanya melakukan
penjualan besar pada pihak pedagang besar.
Contoh sederhananya adalah beras, sayuran,
minum, mie instan, dan lain-lain.
·
Saluran Distribusi Produsen Ke Agen
Ke Pengecer Ke Konsumen
Jenis ini adalah
pilihan produsen untuk melakukan penjualan produk kepada pihak agen, lalu
nantinya pihak agen akan melakukan pembinaan kepada pihak pengecer.
Contoh dari saluran
ini adalah perdagangan barang impor.
·
Saluran Distribusi Produsen Ke Agen
Ke Pedagang Besar Ke Pengecer dan Ke Konsumen
Jenis ini adalah jenis
saluran distribusi yang melalui jalur produsen dalam menggunakan agen sebagai
pihak perantara penyaluran produk kepada
pedagang besar.
Setelahnya, barang
akan dijual kepada pihak pengecer sehingga konsumen bisa menikmati produk
tersebut. Contoh sederhana dari distribution channel ini adalah
pembelian mesin keluar negeri dan menjualnya kembali.
6.
Cara Memilih Saluran Distribusi
·
Mempertimbangkan Kompetitor Bisnis
·
Periksa Biaya dan Manfaatnya
·
Berilah Peringkat Pada Setiap
Pilihan
Komentar
Posting Komentar